PENDAMPINGAN TK BAITURRAHMAN DALAM PEMBUATAN SISTEM PENILAIAN BERBASIS KURIKULUM MERDEKA MELALUI PEMANFAATAN GOOGLE EDU DAN DESAIN GRAFIS

  • Abi Senoprabowo
  • Noor Hasyim
  • Dwi Puji Prabowo
  • Henry Bastian
Keywords: Desain Grafis, Google Edu, TK Baiturrahman

Abstract

TK Islam Baiturrahman merupakan sekolah Islam swasta yang semester genap 2022/2023 ini menggunakan kurikulum merdeka pada proses berlajar mengajar di sekolah. Sebelumnya kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013. Saat menerapkan kurikulum 2013, sekolah menggunakan Sistem Informasi Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini (Sipendi). Namun dalam penerapan kurikulum merdeka ini sekolahan kesusahan membuat laporan penilaian karena ada beberapa kriteria yang tidak sesuai dengan Sipendi. Sipendi mengharuskan guru untuk mengisi setiap hari fitur penilaian harian agar supaya grafik laporan penilaian bisa muncul. Sedangkan kurikulum merdeka membebaskan guru untuk membuat laporan penilaian. Laporan penilaian hanya dibuat saat terjadi anekdot pada peserta didik. Diperlukan adanya kegiatan pendampingan TK Islam Baiturrahman dalam pembuatan Sistem penilaian Berasis Kurikulum Merdeka melalui Pemanfaatan Google Edu dan Desain Grafis. Pembuatan sistem penialaian ini memanfaatkan Google for education. Google for education memiliki banyak fitur yang dapat dimanfaatkan untuk membuat system penilaian lebih mudah dan lebih efisien. Pembuatan sistem penilaian ini juga memanfaatkan desain grafis sehingga sistem penilaian yang dibuat lebih menarik. Dengan adanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman peserta tentang dasar desain grafis untuk pembuatan sistem penialaian.

References

Ade Hera Adinda, H. E. (2021). Penilaian Sumatif dan Penilaian Formatif Pembelajaran Online. Report of Biological Education, 1-10.
Hapidin. (2019). Penyusunan Perangkat Pembelajaran Modul 6 PPG Bagi Guru PAUD tahun 2019. Jakarta: Kemendikbud.
Irena Agatha Simanjuntak, S. A. (2019). Asesmen Formatif Perkembangan Bahasa Anak . Jurnal Pendidikan, 1097-1102.
Sudarma, M. (2021). Merdeka Belajar Menjadi Manusia Autentik. Jakarta: PT Elekx Media Komputindo.
Ulfa Laulita, M. F. (2022). Analisis Kesiapan Guru dalam Mengimplementasikan Asesmen Diagnostik pada Kurikulum Merdeka. JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia, 1-17.
Published
2023-09-30
Section
Articles