Pembuatan Konten Sosial Media dan Youtube Produk Usaha Karang Taruna Malwapati di Desa Banyumeneng Mranggen Demak

  • ALI MUQODDAS Udinus
Keywords: Karang Taruna , Konten Sosial, Produk Usaha

Abstract

Pemuda merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari perubahan suatu bangsa. Oleh sebab itu, pemuda menjadi unsur yang penting dalam dalam pemberdayaan masyarakat. Salah satu organisasi pemuda yang aktif dan berkembang adalah Karang Taruna Malwapati. Karang Taruna Malwapati merupakan organisasi pemuda resmi yang berada dibawah binaan Desa Banyumeneng Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Karang Taruna Malwapati telah melakukan banyak sekali kegiatan pemberdayaan masyarakat di Desa Banyumeneng. Kegiataan pemberdayaan ekonomi yang berhasil dilakukan oleh Karang Taruna Malwapati adalah dengan menghasilkan pemberdayaan olahan rebung dengan nama Orema dan olahan jamur tiram dengan nama Berkah Kusumo. Dengan berhasilnya kegiatan tersebut, Karang Taruna Malwapati memiliki pemikiran untuk mengembangkan kegiatan tersebut kembali. Banyak kemampuan warga Desa Banyumeneng yang belum dikembangkan dengan baik seperti pengolahan tempe, pengolahan keripik tempe, pengolahan bumbu pecel, pengolahan keripik belalang, pengolahan minuman jahe, dan lain sebagainya. Masalah yang dihadapi adalah masyarakat belum dapat melakukan pemasaran produk dengan baik sehingga produk hanya dapat dijual ke tetangga atau warung-warung disekitar desa saja. Seharusnya produk dapat dipasarkan melalui media sosial dan video agar dapat dipasarkan ke tempat lebih luas.Dengan adanya pendampingan diharapkan mampu meningkatnya pemahaman peserta tentang pengetahuan pentingnya desain kemasan agar produk yang dijual terlihat menarik, terciptanya desain sosial media produk yang bagus dan menarik, dan terciptanya video youtube produk olahan makanan untuk memperlihatkan keunggulan produk

References

Fajriah, N., Zainal Abidin, A., & Kunci, K. (2018). Peran Karang Taruna Dalam Pemberdayaan Masyarakat (Studi Kasus Di Desa Slamparejo Kecamatan Jabung Kabupaten Malang). Jawa Timur: Universitas Islam Malang.
Gafara, C., Riyono, B., & Setiyawati, D. (2017). Peran Karang Taruna Dalam Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Di Desa Karangpatihan, Kabupaten Ponorogo Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Ekonomi Keluarga. Jurnal Ketahanan Nasional, 23(1), 37–48.
Nurmalina, R., Yulianti, C., Fitri, F., Utami, A. D., Sari, R. M., Risenasari, H., … Rachman,
A. (2014). Pemasaran: Konsep Dan Aplikasi. IPB Press.
Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia. PERATURAN MENTERI SOSIAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 25 TAHUN 2019 TENTANG KARANG TARUNA. , (2019).
Permadi, D. T., WP, S. N., & Pujotomo, D. (2017). Perancangan Desain Kemasan Makanan Ringan Olahan Pada UMKM Center Jawa Tengah Dengan Metode Kansei Engineering. Industrial Engineering Online Journal, 6(1).
Sofiyah, D. (2018). Peran Karang Taruna Dalam Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Kampung Domba: Studi Di Desa Sindangjawa Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon. Diss. UIN Walisongo Semarang.
Sudaryono, D. (2016). Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta: Andi. Wahyuni, A. R. N., Salsabila, A. P., & Kusuma, D. (2022). PEMBERDAYAAN
MASYARAKAT DESA BANYUMENENG BERBASIS EKONOMI KREATIF
MELALUI RUMAH JAMUR DI ERA NEW NORMAL. Jurnal Pasopati: Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi Pengembangan Teknologi, 4(1).
Published
2022-09-24
Section
Articles