Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Video Animasi sebagai Media Alat Bantu Pembelajaran pada MA Al-Hadi

  • Noor Hasyim Udinus
  • Dwi Puji Prabowo
  • Ali Muqoddas
  • Karis Widyatmoko

Abstract

Pada masa pandemi sistem pendidikan dituntut beradaptasi dengan teknologi secara cepat. Salah satu yang mendapat kendala atas sistem pembelajaran saat pandemi adalah MAS Al Hadi Mranggen. Adapun permasalahan MAS Al Hadi adalah banyaknya keluhan dari siswa, orang tua siswa, dan guru tentang sistem pembelajaran online yang kurang efektif, beberapa siswa masih kesulitan mengikuti pembelajaran secara online karena sinyal di daerah desa Banyumeneng yang lemah, media pembelajaran yang ada saat ini masih belum efektif dan belum dapat meningkatkan kemandirian siswa untuk belajar karena masih mengandalkan kunjungan guru yang dilakukan setiap satu bulan sekali. Dari analisa situasi pengusul bersama mitra mengidentifikasi terkait dengan bagaimana mitra dapat  meningkatkan minat belajar siswa MAS Al Hadi dengan menggunakan media pembelajaran video dan animasi agar siswa dapat belajar secara mandiri. Video dan animasi pembelajaran ini juga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran sehingga proses belajar mengajar yang dilakukan dapat lebih efektif

References

[1] Abrori, M. (2015). Strategi Pemasaran Lembaga Pendidikan untuk Meningkatkan Jumlah Peserta Didik di PG/TK Samarinda. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 3(2), 2477–2504. https://doi.org/10.21093/SY.V3I2.245
[2] Alawiyah, F. (2014). Pendidikan Madrasah di Indonesia: Islamic School Education in Indonesia. Jurnal Aspirasi, 5(1), 51–58. Retrieved from https://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/449
[3] Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI. Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/COMMON.V3I1.1950
[4] Rangkuti, F. (2013). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=Q5RnDwAAQBAJ
[5] We Are Social. (2021). Digital 2021: the latest insights into the ‘state of digital’ - We Are Social. Retrieved September 29, 2021, from https://wearesocial.com/blog/2021/01/digital-2021-the-latest-insights-into-the-state-of-digital
[6] Yusantiar, R., & Soewardikoen, D. W. (2018). Perancangan Identitas Visual untuk Promosi Pariwisata Kabupaten Rembang. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 4(02), 207–220. https://doi.org/10.33633/ANDHARUPA.V4I02.1626
Published
2022-08-29
Section
Articles