Aplikasi Sederhana untuk Media Pembelajaran Jarak Jauh dengan Thunkable

  • Noora Qotrun Nada Universitas PGRI Semarang
Keywords: Aplikasi sederhana, Pembelajaran, Thunkable

Abstract

Aplikasi Thunkable dipilih karena mudah digunakan untuk pemula dalam membuat sebuah aplikasi. Hal tersebut didukung dengan adanya coding yang sudah tersedia, sehingga peserta tidak harus membuat coding sendiri tetapi tingal memanfaatkan coding yang sudah ada. Peserta antusias mengikuti kegiatan tersebut karena merupakan kali pertama mendapat materi pembuatan aplikasi sederhana ini. Kendala yang terjadi pada saat pelatihan hari ketiga ini adalah wifi sekolah tidak aktif, sehingga guru -guru harus menggunakan kuota pribadi untuk dapat mengakses Thunkable secara online.

References

Barra, E., Aguirre Herrera, S., Pastor Caño, J. Y., & Quemada Vives, J. (2014). Using Multimedia and Peer Assessment To Promote Collaborative E-Learning. New Review of Hypermedia and Multimedia, 20(2), 103–121. https://doi.org/10.1080/13614568.2013.857728.

Dai, W., & Fan, L. (2012). Discussion about the Pros and Cons and Recommendations for Multimedia Teaching in Local Vocational Schools. Physics Procedia, 33, 1144–1148. https://doi.org/10.1016/j.phpro.2012.05.188.

Hanum, N. S. (2013). Keefektifan E-Learning sebagai media pembelajarn (studi evaluasi model pembelajarn E-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90–102. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584.

Hendriyani, Y., Delianti, V. I., & Mursyida, L. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial. JTIP: Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 11(2), 85-88.

Herbst, P., & Chazan, D. (2015). Studying Professional Knowledge Use in Practice Using Multimedia Scenarios Delivered Online. International Journal of Research and Method in Education, 38(3), 272–287. https://doi.org/10.1080/1743727X.2015.1025742.

Kumar, J. A., Muniandy, B., & Wan Yahaya, W. A. J. (2019). Exploring The Effects Of Emotional Design and Emotional Intelligence in Multimedia-Based Learning: an Engineering Educational Perspective. New Review of Hypermedia and Multimedia, 25(1–2), 1-3-. https://doi.org/10.1080/13614568.2019.1596169.

Marjuni, A., & Harun, H. (2019). Penggunaan Multimedia Online Dalam Pembelajaran. Jurnal Idaarah, III(2), 194–204.

Marlena, N., Dwijayanti, R., & Edwar, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 6(1), 45–51. https://doi.org/doi.org/10.21009/JPEB.006.1.5

Nopriyanti, N., & Sudira, P. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Kompetensi Dasar Pemasangan Sistem Penerangan dan Wiring Kelistrikan di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(2), 222–235. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i2.6416.

Rusmiyati, I., Nurkamto, J., & Haryanto, S. (2014). Penggunaan Multimedia Dalam Pembelajaran Bahasa Sastra Indonesia di SMPN 2 Bawen Kabupaten Semarang. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 171–184.

Yang, X.-P., Liu, X.-X., Guo, Y.-H., & Wang, S.-J. (2012). Optimization and Application of Multimedia Teaching Means of Specialized Courses in Engineering. Energy Procedia, 17, 1878–1884. https://doi.org/10.1016/j.egypro.2012.02.326.
Published
2022-05-18
Section
Articles