E-Learning sebagai Sarana Pembelajaran Jarak Jauh pada Guru SDIT dan SMPIT Az-Zahra Demak

  • Ristia Kadiasti Universitas Dian Nuswantoro
  • Nur Rokhman Universitas Dian Nuswantoro
  • Deddy Award Widya Laksana Universitas Dian Nuswantoro
Keywords: E-learning, COVID-19, Moodle LMS, Video Ajar

Abstract

Pembatasan aktivitas terutama di sektor pendidikan akibat pandemi COVID-19 melumpuhkan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka untuk menghindari penyebaran virus secara masif antara siswa dan guru di lingkungan sekolah. Hal tersebut berdampak pada proses penyerapan ilmu oleh siswa yang harus terus berjalan agar tidak tertinggal. Perkembangan teknologi saat ini mampu menjembatani kesenjangan antara kebutuhan belajar mengajar siswa dan guru dengan keterbatasan kondisi kala pandemi berlangsung yaitu model pembelajaran E-learning melalui Moodle LMS. Model Pembelajaran tersebut dibekali kepada tenaga pengajarkhususnya di SDIT dan SMPIT Az-Zahra Demak sebagai salah satu media pembejaran jarak jauh yang efektif dan tepat guna. Model E-learning lainnya yaitu membuat video pembelajaran dengan aplikasi yang mudah didapat pada ponsel pintar masing-masing guru dan siswa.

 

Kata Kunci : E-learning, COVID-19, Moodle LMS, Video Ajar

References

[1] Adawi, Rabiah. 2008. Pembelajaran Berbasis E-learning.Jurnal Bahas Unimed No.69 TH XXXV
[2] Dr. Dharmendra Chourishi, dkk. 2011 Effective E-Learning through Moodle. International Journal of Advance Technology & Engineering Research (IJATER) Vol. 1, Issue 1, November 2011
[3] Lee, W.W. & Owens, D. L. 2004. Multimedia-based instruction design: computer-based-training, web-based training, distance broadcast training, performance-based solution. New York: Pfeiffer.
[4] Lestari, Dila, Doddy Rochadi, Arris Maulana. 2017. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pelajaran Menggambar Bentuk Bidang Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan Di Smkn 4 Tangerang Selatan. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil. Volume 6, No 2, Agustus 2017
[5] Miyarso, Estu. 2011. Peran Penting Sinematografi dalam Pendidikan pada Era Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Dinamika Pendidikan, Vol 18, No 2 (2011)
Published
2021-09-20