PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SD NEGERI KUDAILE 05 DAN 06, KECAMATAN SLAWI, KABUPATEN TEGAL PADA MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI WORKSHOP PENULISAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SATU HALAMAN

  • muhammad Budi Haryono Universitas PGRI Semarang
  • Queen Elsvina Sevtivia Asrivi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Institut Agama Islam Bakti Negara Tegal
Keywords: Pandemi Covid-19, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019, Merdeka Belajar, Guru SD

Abstract

Pandemi Covid-19 telah memaksa perubahan disektor pendidikan yang bertujuan untuk tetap terselenggaranya sistim pendidikan yang berkualitas. Workshop penulisan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu halaman merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di SD Kecamatan Slawi bertujuan untuk mengimplementasikan Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 mengenai penyederhanaan RPP. Metode workshop dalam kegiatan ini meliputi: ceramah, praktek dan diskusi. Workshop dilaksanakan secara tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahap persiapan terdiri atas wawancara dan persiapan pelaksanaan workshop. Tahap pelaksanaan mencakup penyampaian materi, praktik menyusun yang dilaksanakan menggunakan model blended learning (kolaborasi luring dan daring). Penggunaan model blended learning disebabkan oleh keadaan masa adaptasi kebiasaan baru pandemi Covid-19. Workshop diakhiri dengan beberapa evaluasi seperti pengumpulan tugas dan penilaian selama kegiatan berlangsung. Hasil dari workshop, menghasilkan pemahaman guru dalam menyusun RPP satu halaman kategori baik prosentase 66,7% guru memeroleh manfaat/bantuan dalam menyusun RPP satu halaman. Hal tersebut menunjukkan bahwa selama proses kegiatan pengabdian masyarakat berlangsung dapat membantu guru dalam mendukung proses pembelajaran Kurikulum 2013.

References

[1] Oyedotun T. D. 2020. Sudden change of pedagogy in education driven by COVID-19: Perspectives and evaluation from a developing country. Research in Globalization., vol. 2, p. 100029.
[2] U. S. P. Nasional. 1982. Introduction and Aim of the Study. Acta Pædiatrica, vol. 71, pp. 6–6.
[3] Rambe M. 2019. Pelaksanaan Supervisi Akademik Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), vol. 3, no. 4, p. 781.
[4] Mustaghfiroh S. 2020. Konsep ‘Merdeka Belajar’ Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, vol. 3, no. I March, pp. 141–147.
[5] Mayudana I. K. Y. dan Sukendra I. K. 2020. Analisis Kebijakan Penyederhanaan Rpp ( Surat Edaran Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan. Indonesian Journal of Educational Development. vol. 1, no. 1, pp. 61–68.
[6] Aslamiyah T. Al., Setyosari P., dan Praherdhiono H. 2019. Blended Learning Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. vol. 2, no. 2, pp. 109–114.
Published
2021-02-02