PROMOSI DESA KADILANGU KECAMATAN KANGKUNG KABUPATEN KENDAL MELALUI MEDIA KOMUNIKASI VISUAL

  • Noora Qotrun Nada Universitas PGRI Semarang
  • Khoiriya Latifah
  • Bambang Agus Herlambang
Keywords: promosi desa, komunikasi visual, Kadilangu, Kendal

Abstract

Setiap Desa di Indonesia memiliki ciri khas dan keunggulan masing-masing. Hal ini perlu digali dan dipromosikan sehingga dikenal masyarakat luas. Desa Kadilangu adalah desa di Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal. Meski tak jauh dari Ibu kota provinsi, namun desa ini masih membutuhkan promosi agar lebih dikenal. Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat di Desa Kadilangu melalui pelatihan desain media komunikasi visual untuk mempromosikan desa. Dimana permasalahan yang dihadapi sebelum dilakukannya pelatihan ini adalah belum maksimal dalam pengelolaan dan pengembangan desain dan konten untuk promosi. Kepala desa memiliki keinginan untuk menambah pengetahuan dan ketrampilan dalam desain media komunikasi visual untuk komunikasi dan promosi desa. Diharapkan pada pelatihan ini adalah warga dapat memahami pentingnya promosi desa dan dapat membuat desain yang menarik untuk packaging produk-produk yang dihasilkan warga desa. Selanjutnya dapat dipromosikan melalui media sosial.

References

Effendi, Asep. (2015). Desain Grafis “Dari Basic Hingga Mahir”, Jakarta: Poligonmedia.

Ian Chandra. (2006). Desain Grafis Dengan Corel Draw, Jakarta: Elex Media Komputindo.

Jimmy Wahyudi, Bharata. (2005). Kreatif dan Inovatif Mengolah Foto Digital, Jakarta: elex Media Komputindo.

Jubilee Enterprise. (2017). Kolaborasi After Effect, Premiere dan Photoshop,Jakarta: Elex Media Komputindo.

Kusrianto, Adi. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi Offset.

Pujiriyanto. (2005). Desain Grafis Komputer (Teori Desain Grafis Komputer). Yogyakarta: C.V. ANDI OFFSET.

Sanyoto, Ebdi Sadjiman. (2006). Metode Perancangan Komunikasi Visual Periklanan. Yogyakarta: Dimensi Press.

Surianto, Rustan. (2009). Mendesain Logo. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Tinarbuko, Sumbo. (2009). Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Penerbit Jalasutra.

Published
2021-02-02