PENGELOLAAN LIMBAH DAN OPTIMALISASI SOSIAL MEDIA SEBAGAI PEMASARAN ONLINE DI DESA JAWISARI, KECAMATAN LIMBANGAN, KABUPATEN KENDAL PROVINSI JAWA TENGAH
Abstract
Desa jawisari memiliki beberapa pelaku usaha umkm pengolahan keripik kimpul Permasalahan yang dihadapi adalah belum maksimal dalam pengelolaan limbah dan pemasaran. Masyarakat desa dan pelaku umkm memiliki keinginan untuk menambah pengetahuan dan ketrampilan dalam pengelolaan limbah dan pengembangan pemasaran online. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat desa dan pelaku umkm di Desa Jawisari, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal melalui kegiatan pengabdian masyarakat dalam pengelolaan limbah agar terbebas dari bahaya limbah dan lingkungan semakin sehat serta pemanfaatan social media sebagai pemasaran online yang dapat memperluas pemasaran. Luaran yang dihasilkan dari pengabdian ini antara lain pengelolaan limbah agar tidak berkonotasi negarif namun dapat dimanfaatkan dan optimalisasi penggunaan smartphone dengan memanfaatkan social media (whatsapp, instagram dan facebook) sebagai pemasaran online. Kegiatan ini dilakukan melalui tahapan sosialisasi, pelatihan dan yang terakhir diadakan evaluasi. Pemahaman tentang pengelolaan limbah mengalami peningkatan 61.61%, sedangkan untuk pemanfaatan social media sebagai pemasaran online 60.63%.
References
[1] N. N. K. A. Dewi and I. G. K. Warmika, “Pengaruh Internet Marketing, Brand Awareness dan Wom Communication Terhadap Keputusan Pembelian Produk Spa Bali Alus,” E-Jurnal Manaj., vol. 6, no. 10, pp. 5580–5606, 2017.
[2] N. Marliani, “Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga (Sampah Anorganik) Sebagai Bentuk Implementasi dari Pendidikan Lingkungan Hidup,” Form. J. Ilm. Pendidik. MIPA, vol. 4, no. 2, pp. 124–132, 2015, doi: 10.30998/formatif.v4i2.146.
[3] J. Sarwono and Prihartono, Perdagangan Online : Cara Bisnis di Internet. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2012.
[4] S. A. Mulasari, A. H. Husodo, and N. Muhadjir, “Kebijakan Pemerintah dalam Pengelolaan Sampah Domestik,” Kesmas Natl. Public Heal. J., vol. 8, no. 8, p. 404, 2014, doi: 10.21109/kesmas.v8i8.412.
[5] P. Kotler and K. L. Keller, Marketing Management, 13th ed. Pearson Education, Inc., 2016.
[6] D. Rapitasari, “Digital marketing Berbasis Aplikasi Sebagai Strategi Meningkatkan Kepuasaan Pelanggan,” J. Cakrawala, vol. 10, no. 2, pp. 107–112, 2016.
[7] A. R. Saleh, Membangun perpustakaan digital: step by step. Jakarta: Sagung Seto, 2010.
[8] P. Kotler and G. Armstrong, Prinsip-prinsip Pemasaran, 12th ed. Jakarta: Erlangga, 2013.