BRANDING, DESAIN KEMASAN DAN PEMASARAN ONLINE DI DESA SRIWULAN, KECAMATAN LIMBANGAN, KABUPATEN KENDAL PROVINSI JAWA TENGAH
Abstract
Desa Sriwulan mempunyai beberapa potensi desa yang perlu dipublikasikan secara umum diantaranya adalah pengolahan keripik kimpul, kolang-kaling, gula aren, kopi dan ada juga pengusaha mebel. Permasalahan yang dihadapi adalah kopi yang selama ini dijual tidak mempunyai nama produk (merk), pengemasan hanya bungkus plastik yang distreples biasa, dalam pemasaran hanya di lingkungan desa (pasar atau warung). melalui workshop pelatihan dan pendampingan pembuatan desain branding, desain kemasan dan penggunaan smartphone untuk pemasaran online yang dapat memperluas pemasaran. Evaluasi dilakukan untuk memperbaiki setiap kekurangan yang ditemukan selama pengabdian dilaksanakan. Setiap kegiatan dievaluasi dan perbaikan dilakukan berdasarkan hasil evaluasi tersebut. Pemahaman tentang branding mengalami peningkatan 50%, pemahaman tentang desain kemasan 48,44% sedangkan untuk pemahaman tentang pemasaran online 47,81%.
References
Jonathan Sarwono, K. Prihartono, (2010). Perdagangan Online: Cara Bisnis di Internet, Elexmedia Komputindo, Jakarta.
Kotler and Keller. (2016). Marketing Management. Pearson: Prentice hall
Rachmawati. [Online]. Tersedia: http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/527/jbptunikompp-gdl-rachmawati-26318-5-unikom_r-i.pdf. [29September 2012, 17.35 WIB].
Ryan, D., (2014) Memahami Pemasaran Digital: Strategi Pemasaran untuk Melibatkan Generasi Digital, 3 Juni 2014
Saleh, Abdul Rahman. (2010). Membangun Perpustakaan Digital: Step by Step. Jakarta: Sagung Seto.
Suara Merdeka (2020), KKN UPGRIS Masyarakat Dilatih Ciptakan Kemasan Produk Yang Menarik, https://www.suaramerdeka.com/smcetak/baca/216264/masyarakat-dilatih-ciptakan-kemasan-produk-menarik