PEMANFAATAN BANDICAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN YANG INTERAKTIF BAGI GURU SMK DINAMIKA TEGAL

  • Muchamad Sobri Sungkar Politeknik Harapan Bersama
  • M. Taufik Qurohman
  • Syaefani Arif Romadhon
Keywords: Pelatihan, Bandicam, Daring

Abstract

Kegiatan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) ini memiliki tujuan : 1) Memberikan Pengetahuan Terhadap Guru SMK Dinamika dalam Pemanfaatan Aplikas BandiCam, 2)Para Guru dapat Lebih Kreatif dalam membuat Bahan Ajar untuk media Daring, 3) Siswa lebih dapat memahami materi yang diberikan oleh Guru melalui media Daring. Metode pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dengan memberikan pelatihan dalam penggunaan aplikasi Bandicam dalam pembuatan bahan ajar bagi para guru SMK Dinamika Tegal. Pelatihan dilaksanakan di Ruang Guru SMK Dinamika Tegal. Hasil Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini mengsilkan kesimpulan akhir sebagai berikut : 1) Peserta pelatihan memiliki keterampilan dan kemampuan untuk mengaplikasikan materi yang diberikan untuk pembuatan bahan ajar yang iteraktif, 2) Peserta akhirnya dapat membuat bahan ajar yang mudah dipahami oleh siswa karena para peserta dapat menjelaskan dengan detail dan terperinci materi yang diberikan, 3) Peserta pelatihan lebih percaya diri dapat memberikan pembelajaran kepada para murid/ siswanya dengan baik ditengah pandemic covid19 yang pembelajaran lewat daring/ tanpa tatap muka secara langsung. 

References

[1] Andi Prastowo, Panduan kreatif pembuatan Bahan Ajar Inovatif. 2012.
[2] Surahman, Panduan Editing Vidio Ala Pro dengan software Gratis. 2018.
[3] Wandah Wibawanto, S.Sn, M.Ds, Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif,2017
[4] Yona Evasari, S.Pd, Belajar Daring Anti Garing.2020
[5] Yusuf Bilfaqih, M.Nur Qomarudin, Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring.2020
Published
2021-02-02