PKM EDUKASI KEPRAMUKAAN MELALUI GAME JEJAK PRAMUKA DI SMP 3 MRANGGEN DEMAK

  • siti asmiatun universitas semarang
  • Astrid Novita Putri
  • Agusta Praba Ristadi
Keywords: Game, Pramuka, Edukasi

Abstract

Masalah Pada Mitra adalah Siswa yang mengikuti ekstrakulikuler pramuka saat ini cenderung mudah bosan untuk melakukan kegiatan pramuka sehingga diperlukan penginspirasi kegiatan tersebut yaitu game edukasi pramuka sehingga kegiatan pramuka lebih bisa meningkatkan minat anak sekolah untuk mengikuti kegiatan Pramuka. Dalam melaksanakan kegiatan pramuka membutuhkan proses dan kesabaran bagi setiap guru. Seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi salah satu cara untuk meningkatkan pembelajaran dan pengetahuan kepada peserta didik tentang pramuka dapat melalui media elektronik yang berbentuk aplikasi game.Melalui pelatihan edukasi kepramukaan dengan menggunakan game jejak pramuka, anak – anak dapat belajar sambil bermain. Game ini diharapkan dapat membantu setiap dalam proses pembelajaran tentang pramuka kepada peserta didiknya. Selain itu, pelatihan ini juga bersifat hiburan karena didesain dan dirancang semenarik mungkin agar anak – anak tidak merasa bosan saat belajar. Dengan latar belakang tersebut, tim pengabdian kepada masyarakat bermaksud mengadakan kegiatan memudahkan siswa dalam mengenalkan dan melatih pengetahuan tentang pramuka dengan media game edukasi agar dapat menciptakan keseruan permainan yang ada pada kegiatan pramuka.

References

Adam, Emest. 2010. Fundamentals of Game Design Second Edition. Berkeley: New Riders Games.

Agustina, R., & Chandra, A. 2017. Analisis Implementasi Game Edukasi “The Hero Diponegoro” Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Mts. Attaroqie Malang. Jurnal Teknologi Informasi: Teori, Konsep, Dan Implementasi, 8(1), 1-84.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 63 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai Ekstrakurikuler Wajib Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Presiden Republik Indonesia. 2017. Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Published
2020-09-17