PKM SAINS ANAK USIA DINI KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK

  • Anita Chandra Dewi Sagala Universitas PGRI Semarang
  • Umar Hafidz Asy’ari  Hasbullah Universitas PGRI Semarang
  • Mila Karmila Universitas PGRI Semarang
  • Ellya Rahmawati Universitas PGRI Semarang
Keywords: sains, anak usia dini

Abstract

Kecamatan Mranggen adalah salah satu Kecamatan di Kabupaten Demak, dimana terdapat 19 desa. Kecamatan Mranggen berbatasan dengan Kota Semarang, sehingga karakteristik daerahnya perpaduan desa dan kota.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat di latarbelakangi karena masih rendahnya kemampuan sains anak,hal ini terjadi karena guru-guru TK masih terpaku dengan pembelajaran yang terpusat sama guru. Guru tidak mampu menyelenggarakan pembelajaran sains dengan cara mudah dan menyenangkan. Anak-anak masih banyak diberi pembelajaran dengan menggunakan lembar kerja tanpa praktek sains, sehingga anak-anak menjadi bosan dan tidak kreatif.

Pengabdian ini dilaksanakan di Kecamatan Mranggen dengan melibatkan mitra IGTKI, dimana guru-guru TK diajak untuk melakukan pembelajaran sains yang menyenangkan dengan banyak melakukan praktek percobaan sains.

Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan masyarakat dapat disimpulkan bahwa (1) Setelah dilakukan praktek sains diharapkan guru PAUD harus kreatif dalam mengajar, karena penerapan pembelajaran sains untuk anak usia dini memerlukan kreativitas yang tinggi, (2) Guru dapat melaksanakan kegiatan percobaan sains untuk anak usia dini yang inovatif dengan menggunakan alat dan bahan sederhana yang ada di sekitarnya

References

Anita Chandra, (2011), Meningkatkan kemampuan sains Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Berbasis Ketrampilan Proses, Semarang : Jurnal Malih Pedas, IKIP PGRI Semarang.

Jamaris, Martini,( 2003), Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak- Kanak, Jakarta : PPS UNJ.

Papalia, Diane E, (2008), Human Development, Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Prayitno. Irwan, (2003), Membangun Potensi Anak, Jakarta : Pustaka Tarbiyatuna.

Nugraha, Ali. (2005). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Liek Wilardjo. (1998). “Secercah pandangan Tentang Pengajaran Sains” dalam Sumaji dkk. Pendidikan Sains yang Humanis. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Published
2020-09-17